Your Ad Here

Thursday, January 7, 2010

About Template Blogger

Template merupakan pola juga bentuk, bisa dibilang menjadi alas atau dasar dalam membuat sesuatu 'make some creation'. Ketika ber-blogging pun muncul istilah tersebut, dan banyak design diberikan keindahan secara gratis 'free'. Kali ini ga BelajarCafe® beri tautan menuju site tertentu silahkan sobat cari sendiri pada mesin pencari dengan keyword 'free template blogger' atau 'keyword' sekiranya tepat menurut sobat. Pada program computer lain template pastinya ada, misal program office milik Microsoft.

Pengaruhnya sangat kecil menimbang dari segi mendapatkan traffic di weblog. Walaupun begitu tanpa template weblog tidak mungkin exist (ada). Mengenai bagian-bagian template pada dasarnya dibagi menjadi tiga; header, body, footer. Untuk memaksimalkan penggunaan template sobat harus mengabaikan keindahan. Ada beberapa saran BelajarCafe® berikan walaupun sebenarnya sudah pernah dibahas, kali ini BelajarCafe® tidak sungkan menyinggung berikan kritik.

Header seharusnya berfungsi hanya sebagai inti (pembukaan). Beberapa memasang image se-gede gajah membuat load agak lama padahal pembaca melihat bagian header hanya sepintas lalu. Jangan lupa menambahkan meta tag agar maksimal dalam ter-index mesin pencari.

Body - bagian ini adalah content (isi) dari blog. Kalo sobat telusuri, ada kata-kata Main (terjemahan:utama) di mana terdapat Blog Post dan Blog Sidebar. Post erat kaitannya dengan article, agar maksimal sobat perlu mempelajari tentang SEO (search engine optimization). Belum BelajarCafe® beri comment mengenai article, tetapi sedikit critic untuk bagian sidebar. Dikarenakan badan 'body' blog sobat merupakan bagian yang dinikmati oleh pembaca, maka ketika suatu artikel sedang dibaca bagian sidebar mengiringinya. Sobat pasti lebih mengerti daripada BelajarCafe® bagaimana mengisi sidebar tersebut.

Footer BelajarCafe® rasa bagian ini hanya tambahan tapi diperlukan juga. Kaki 'footer' seharusnya singkat atau sedikit. Pembaca pun biasanya hanya melirik ketika mereka tidak menemukan hal dalam content. Agar menarik perhatian, berikan kalimat yang meng-claim bahwa content dari blog sobat layak untuk mereka baca. Misal 'Most Popular Articles', 'Don't Miss Latest News', 'Read My Events', dan lain-lain. Jadi pembaca akan kembali menikmati anda... oops, i mean kembali membaca artikel dalam blog.

BelajarCafe® juga masih belajar, apabila ada salah kata, BelajarCafe® mohon maaf yang sebesar gajah nya.
Related Posts by Categories




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

19 comments: on "About Template Blogger"

ipin's cool said...

pertamaxx nihh...
ane suka tempat ini loadnya gak berat..enteng bak kapas..
btw mau edit template cape juga harus butuh waktu..(maklum newbie) link template nya sekalian donk sobb...

belajarcafe said...

@perawatan AC:makasih, aku kirim di shoutmix linknya... hohoho sama aja bang, aku jg masih newbie

harto said...

waaah aku nih belum berani bermain dengan template, kalo salah bisa rusak deh...
trims yaa infonya sukses selalu n tetap semangat

KucingTengil said...

minta link templete yg keren2 dunk...kalo bisa nuansa gothic hehehehe

attayaya said...

aku pake minima dari blogspot.com aja

Clara said...

aku suka ganti" template
soalnya kadang suka bosenan XD

Andi Ahmad said...

terimakasih atas kunjungannya ke www.4alfatih.blogspot.com... knp blog gk pke shoutbox? jd nlis dsni ja

d0rman said...

template foto yg bgs bt blog apa ya yg gratiss ??? kunjungan sahabat ...

lina@home sweet home said...

Mantap nih saran2nya, terima kasih

belajarcafe said...

@pak Harto:yupz, aku jg kadang takut salah kok pak, trims atas kunjungannya
@Mia:yoi, aku kirim link nya di shoutmix kamu, makasih
@Attayaya:oke, seo friendly tuh template, salut dengan pemikiran nya, makasih banyak
@Clara:klo aku sayang mau ganti, udah aku customize banyak jg, ntar klo bikin kayak gini lagi ga bisa kayaknya, thanks buat comment nya
@Andi:kembali kasih, ok gpp kok sob
@Dorman:url nya ga valid ya sob??? hoho, btw makasih udah komentar
@HappyFamily:sama2, nice to see you here

blog bidan said...

saya dulu pernah ganti template 2x..itu semua karena error, kesalahan sendiri sich...

sebenarnya saya masih ingin ganti template yagn sesuai dengan teme blog saya cuma gimana yach caranya ngasih gambar....soalna masih gaptek dan tentu saja takut salah ( masih trauma)

RifkyMedia™ said...

Blog loe tambah keren aja sob! infonya juga keren keren,lumayan buat gw belajar2 dikit,,,

Shin-kun said...

*semakin ragu kalo sobat Shin-kun ini benar2 newbie* :p

belajarcafe said...

@blogBidan:wah Bu, ku jg masih belajar kok, klo blog di WP kurang aku kuasai... mungkin perlu belajar banyak lagi di sana, makasih udah komen
@Rifky:sobat ini bisa aja, makasih banyakkkkk
@Shin-kun:jangan engkau ragukan ke-newbie-an ku hohoho... thanks

Rosa said...

ganti temple 2 ke 3 kolom tuh yg susah, klo ganti BG ya dah lumayan sering....main lagi ya e blogq....hehehe

Julong said...

Its very nice articles.I visited and enjoy to read its.

belajarcafe said...

@Rosa:sebenernya ga susah klo tau caranya heheh, ini aja tadinya 3 kolom aku modif jadi 4 kolom, akan saya usahakan sering maen
@Julong:thank you, can you read in Bahasa? just enjoy and feel free here

Dewi Anggraeni said...

mau tanya... Waktu itu aku udah download template yg mau di pasang di Blog... Dengan cara lewat edit HTML... trus ngikutin cara yang dibuku... Terakhirnya di paste... Kok malah beda yah... ;(
Akhirnya pake template yg standar lagi deh... Caranya gimana sih, biar bisa pasang template yg udah di Download....?
Makasih sebelumnya.

Post a Comment