Your Ad Here

Wednesday, December 16, 2009

Untuk Apa Backlink yang Selama ini Dibangun

Pendapat lagi, lagi2 pendapat... Sebelumnya saya tegaskan, semua artikel dalam blog ini tanpa menyinggung perasaan (no fence, OK!), mau diikuti silahkan (java:monggo) tidakpun tak apa --- pokoknya enjoy aja! Backlink, terjemahannya apa ya??? (tautan balik kalee ya!?), sudah ga asing lagi bagi para pemilik blog. Mengenai fungsi dan kegunaan juga sudah banyak yang mengerti. Lantas kenapa saya mengutarakan pendapat ini?

Intinya, berbagi pengalaman pribadi saya dalam membangun BelajarCafe™ ini. Sejujurnya saya juga perlu diskusi dari sohib2 semua tentang masalah ini, karena saya juga perlu belajar - anda belajar, admin juga belajar.

Case Study (lingkup pembelajaran) :


1. Ada info yang mengatakan semakin banyak link yang menuju blog kita maka pagerank akan semakin bagus

Info yang bagus, permasalahannya pada Google pagerank itu sendiri, saya rasa pemberiannya tidak akurat. Saya pribadi tidak pernah mempersoalkan masalah tersebut, i just looking for visitor (jujur). Pengalaman; saya punya blog lain namanya Entertainment, dengan pagerank 3 (tiga). Banggakah saya!? TIDAK, karena unique visitor nya rata2 cuma 15 per hari. Yang masih mengunggulkan pagerank, bertobatlah (hohoho).


2. Kebanyakan dari pemilik blog yang dalam kategori Bagus memiliki sedikit sekali external link (tautan yang menuju keluar dari blognya)

Kategori bagus dalam hal ini adalah blog dengan visitor yang banyak, memang tidak semua blog kategori ini yang tidak mendukung para newbie seperti saya. Trus darimana blog tersebut menjaring pengunjung!? Kebanyakan mereka dapat dari Mesin Pencari (search engine), selainnya bisa dari forum, directory, tracking, dan lain2. Ada juga blog yang BAGUS, awalnya mereka memasang link dengan jumlah yang banyak - setelah blog nya terkenal dan banyak dicari orang, mereka menghapus hampir semua tautan yang menuju blog lain. Mungkin dengan alasan agar Page Load nya ga berat.


3. Blogger yang asal-asal dalam bertukar link

Jangan salah persepsi ya!? di sini ada type blogger yang ga tau link yang telah rusak (broken link). Seharusnya link tersebut tidak perlu ditampilkan dalam blog sobat, untuk check broken link bisa melalui Broken Link Checker. Ada juga info lain (mengenai pagerank juga), agar pagerank cepat meningkat - link dalam blog harus similar dengan theme blog nya.


Kesimpulan (conclusion) :


Backlink yang diperoleh dapat meningkatkan (walau sedikit) SERP 'Search Engine Results Page' dan terbukti dari blog ini. Di samping itu, Membangun Blog tidak hanya melakukan suatu hal tertentu saja tetapi kita semua harus memperhatikan hal lainnya seperti content blog, status blog (jumlah visitor, darimana datangnya, keywords yang sering dicari, dll), pertemanan, dan lain sebagainya. Enjoy!
Related Posts by Categories




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

31 comments: on "Untuk Apa Backlink yang Selama ini Dibangun"

Enno said...

halooo... ini aku datang! :P

Iqbal said...

jadi pagerank udah gak berguna?
masa?

aku punya blog dan mendapatkan 1 pagerank.. yah lumayan.. dan memang di bawah blog entertaiment anda.

jadi apa sebenarnya ada pagerank?

javabis99 | Bisnis Online n Hobby Blog said...

artikel bermanfaat sputar backling, thanks

belajarcafe said...

@Neng Enno:makasih udah datang
@Iqbal:pagerank/Google Pagerank masih ada, yang menemukan kan Google dan SE (search engine) milik dia kan juga atas dasar pagerank tersebut... cuma penilaiannya yang ga akurat. Yg penting kita menampilkan isi blog kita dengan baik dan tidak berpedoman pada ranking/status blog kita, salam berkarya
@javabis99:wah, agak sungkan menanggapi komentar yg 1 ini, soalnya blog sobat lebih mantab, makasih banyak aja deeh

Iqbal said...

ohhww.. jadi begituw...

woke deh... thx infonya..
tempatku ada postingan baru tuh

lina@happy family said...

Kalau menurut saya, link building terbaik masih article submit ke article directories...
Saya tadi cek broken link, ternyata ada beberapa di blog saya

Willyo Alsyah P. Isman said...

hem...aku membaca dan berfikir sambil memegang dagu...

belajarcafe said...

@iqbal:wokeehh, langsung berkemas n menuju ke sana
@happy fam.:tambahan info yg bagus, tapi menurut saya ga ada yg terbaik, yg penting kita ada usaha untuk membangun nya
@gubuk blek.:langkah sobat bagus, membaca lalu berpikir ditambah bonus pegang dagu pula... makasih atas perhatian yg lebih yohoho

RifkyPanzer™ said...

aku sendiri selama ini g pernah nguber PR, PR naik baik sendiri, begitu juga alexa nya naik naik sendiri. Aku hanya ingin berbagi informasi aja..buat apa PR tinggi kalau isi blog nya g jelas, betul kan mas? btw, infonya keren, nambah pengetahuan aku yg masih newbie ini

ina said...

perhatikan content blog, status blog (jumlah visitor, darimana datangnya, keywords yang sering dicari, dll), pertemanan,...

hemmm... siiiippp... thanks bgt kakag... :)

Mohon dukungannya... Vote ina DISINI pilih inamuth2.blogspot.com - Malang in My Dream : Nikmati Sejuta Rasa Bakso
Makasih dukungannya...

satya said...

wow tambah bagus isinya,. new post. jangan lupa berkunjung,..

satya said...

wow tambah bagus isinya,. new post. jangan lupa berkunjung,..

Shin-kun said...

*jadi ragu2 Sobat 1 ini beneran newbie apa nggak* :p. Shin-kun siy setuju banget sama pendapatmu Sob. Shin-kun sendiri gak mikir PR, bahkan sekalipun cek PR juga belom pernah. Shin-kun tu hepiiiii banget baca2 dan balas2 komen dari sobat2 blogger Shin-kun, termasuk dirimu :), rasanya tu apapun karya kita, sejelek apapun karya kita, bener2 dihargai :D. Menurut Shin-kun, PR, alexa, dll, itu akan ngikutin dengan sendirinya kok :p

Shin-kun said...

O iya, ada tugas buatmu Sobat, cek di blog Shin-kun yak :D

belajarcafe said...

@Rifky:yuppy, betul skli, nothing gonna wrong here, waa klo bang Rifky aja masih newbie aku apa dnkz, di bawahnya newbie --- namanya apa ya!? thanks deeh buat komen nya
@dek Ina:yup, makasih buat komennya
@Satya:wah, jangan berlebihan, perasaan biasa aja, cm berbagi pengalaman aja
@Shin-kun:wow, komen Shin-kun jg bisa bikin aku terinspirasi, apalagi klo udah jadi artikel - pasti berguna buat newbie (ragu!?) kayak aku, buat tugasnya aku masukin agenda kerja hoho (padahal ga pny agenda...)

Willyo Alsyah P. Isman said...

morning visit...ada puisi baru tuk sobat

attayaya said...

backlink hanya cuma merupakan salah satu faktor penentu pr
lebih bagus mengisi konten yang bermanfaat dan dicari orang

belajarcafe said...

@Gubuk:twenkz, nice poem
@Attayaya:setuju, makasih

Irawanqq said...

Halo salam kenal juga....
Numpang follow disini ah...
Follow balik yah....

belajarcafe said...

@Irawanqq:ehm, thanks buat komennya

the international times said...

memang sistem perhitungan pagerank oleh google itu rumit keblinget...gue dah pernah pake rumus phytagoras...pake rumus fisika nya albert einstein e=mc2...tetap aza gak masuk(gak ketemu) hahahahahahaahahahh :)

memang sih blog yg jarang dikunjungi bisa dikasih PR2,cth ya blog temen gw....alexanya 2 jt lebih broooo tapi pr nya bisa 2 aneh deh.

eh sobat linknya dah ge pasang dgn teks belajar cafe,makasih

belajarcafe said...

@International:hohoho, makasih banyak

NAFA said...

Hello Belajarcafe!!

Hope u will have a great weekend coming your way. =)=)=)

NAFA

Wahab said...

Selamat sejahtera semua.Saya add as a fren belajarcafe di mybloglog.Terima kasih sudi jadi rakan.

Wahab said...

Sudi-sudilah datang ke website saya ya...

Mhya said...

wou banyak sekali pengunjungnya,,, mau dong dikunjungi juga.....

harry_arvay said...

Halo salam kenal juga....
Numpang follow disini ah...
Follow balik yah...

http://harryarvay.blogspot.com/

bidan yuni said...

maksih pencerahannya....

bidan desa said...

di sini emang tempat nongkrong yang seep... banyak yang perlu dipelajari...

makasih atas infonya..
jabat erat selalu

Obat Tradisional Asam Urat said...

sangat bereguna gan infonya mantab lah

Post a Comment