Your Ad Here

Tuesday, December 22, 2009

Sedikit Mengerti FTP

Kali ini penulisan BelajarCafe™ akan memberi gambaran tentang perihal FTP. Memang tidak dijelaskan secara theorist mengenai arti dan akan saya hubungkan dengan pembelajaran saya dalam blogging.

FTP adalah kependekan dari File Transfer Protocol. FTP adalah suatu protokol pada komputer yang digunakan untuk File Transfer. File Transfer itu sendiri berarti kegiatan men-download ataupun meng-upload file dari suatu tempat ke tempat lain. Protokol lain yang biasa digunakan dalam web adalah HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang memungkinkan kita bisa melihat halaman web secara utuh baik itu berisi tulisan, gambar, audio, maupun video.

Kita sendiri sering menggunakan protocol ini, walaupun enggak tau sedang memakainya bisa sembari melakukan kegiatan lain. Apalagi ketika kita ingin menambahkan suatu media tertentu seperti contohnya image (gambar). Ketika kita menginginkan file tersebut tersimpan dalam suatu tempat yang dapat kita akses layaknya komputer pribadi maka ada penyedia layanan penyimpan file tersebut. Biasanya bisa kita cari dalam mesin pencari dengan keywords seperti 'file hosting', 'image hosting', 'free upload file', dan lain-lain (coba-coba by self yak!). Dulu saya sangat suka menyimpan data saya dalam Geocities milik Yahoo! tetapi semenjak tanggal 26 Oktober 2009, layanan ini ditutup oleh penyedianya. Sementara info nya hanya ini dulu ya...!? Sampai jumpa pada postingan yang lain.
Related Posts by Categories




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

17 comments: on "Sedikit Mengerti FTP"

attayaya said...

untuk penempatan alamat url ya bro?

Raini Munti said...

link sdh dpsg psg balik y

belajarcafe said...

@Attayaya:bkn, cuma protokol untuk perpindahan data/file. baik upload/menyimpan maupun download/mengambil/mengunduh
@Raini:makasih, udah aku pasang lama sebenernya link mbak Raini, klo mau periksa ada di dalam box

harto said...

salam sobat, alhamdulillah berkenalan dengan dengan sobat menambah lagi persahabatan dalam dunia maya. Pasti niih disini saya banyak belajar tentang pernak pernik computer. Banyak teman, banyak ilmu, banyak rejeki.

Terimakasih link saya sudah di pajang, perkenalan diterima.... salaaam

caca said...

makasih yaaa... udah follow.. aku follow balik...^^ blognya keren...^^

caca said...

sama2...^^ udah aku link... ^^

caca said...

makasih juga...^^

attayaya said...

met pagi menjelang siang bro

lina@happy family said...

Terima kasih sharing infonya...

RifkyMedia™ said...

Saya biasa menggunakan filezilla saat upload file gambar atau lain nya di web joomla saya..thanks infonya bang

belajarcafe said...

@pak Harto:my pleasure, makasih
@Caca:makasih
@Attayaya:met pagi jg
@Happy Fam.:your welcome
@RifkyMedia:nice comment, thank you too
@Admin Indahnya Berbagi:sama-sama
@Wisata Riau:yupz, trimz

Shin-kun said...

Kalo Shin-kun pake netFTP Sob buat urusan FTP-FTPan :p, infonya bagus, kadang kita tanpa sadar sering melakukan suatu hal yang kita tidak tau namanya :D. Dulu Shin-kun baru sadar lo, bahwa yang Shin-kun lakuin (buka2 situs di inet) itu namanya 'BROWSING', hahaha...

belajarcafe said...

@Shin-kun:comment yg bagus jg, maap aku koreksi browsing itu buka2 situs di web bukan inet. web merupakan salah satu aplikasi inet disamping banyak aplikasi lainnya seperti file transfer dalam artikel ini. treng Q

Raini Munti said...

sdh bwt baru tp g ngaruh krn yg dibanned url

belajarcafe said...

@Raini:mungkin sementara pake layanan lain dulu seperti cbox atau oggix

Post a Comment